Awalnya roti ditemukan di daerah Mesopotamia, Mesir. Roti terbuat dari campuran air dan tepung yang dipanggang sampai mengembang. Roti mulai meluas ke Asia sebab saudagar India sering membawa roti dalam perjalanan bisnisnya.

Pada masa itu, roti dikonsumsi oleh para bangsawan dan dapat menentukan golongan sosial seseorang. Semakin tinggi golongan sosial, maka semakin putih warna rotinya. Tepung putih jarang ditemukan dan tinggi harganya.

Roti mulai ditemukan di Eropa sebab bangsa Yunani memproduksi roti dengan teknologi seperti Mesir. Karbohidrat dalam roti bisa menghasilkan tenaga bagi manusia. Roti berkembang sehingga bentuk dan rasanya meluas menjadi beragam variasi. Ada beberapa roti khas negara seperti Bakpao (China) dan Tortila (Meksiko).

Jenis Roti Terkenal di Dunia:

-Muffin

Inggris adalah tempat asal dari muffin. Tekstur muffin ini lembut. Cara penyajiannya dipanggang.

-Croissant

Croissant ternama sejak pasukan Perancis menang dalam pertempuran melawan pasukan Turki. Roti ini memiliki lapisan melingkar hingga ke dalamnya. Teksturnya tidak padat dan permukaannya rapuh saat dipegang.

-Bagel

Bagel berasal dari Eropa Timur. Bentuknya bulat dan tekstur agak keras. Orang Polandia menambahkan daun parsley saat disantap.

-Roti pita

Roti pita asal Timur Tengah ini menjadi makanan pokok di Mesir, Arab, dan Turki. Tekstur roti pita bulat dan pipih yang dipanggang di tungku. Rasanya renyah di luar, tapi lembut di dalamnya.

-Breadsticks

Roti populer Italia ini adalah snack bertekstur renyah dan panjang. Bentuknya mirip dengan cheese stik.

Lantas, bagaimana cara memilih roti berkualitas?

1.Pilihlah roti yang segar atau masih baru matang

Periksa tanggal kedaluwarsanya. Jangan memakan roti yang hampir busuk. Roti busuk dapat mengganggu kesehatan dan bahkan menyebabkan keracunan. Tanggal kedaluwarsa ini menentukan kualitas roti yang baik. Jika sudah lewat dari tanggal kedaluwarsanya, maka roti akan menjadi keras dan kurang lezat saat disantap.

Hindari membeli roti tawar yang hampir mendekati masa kedaluwarsa. Pilihlah yang masih lama masa konsumsinya atau maksimal tiga hari sebelum tanggal kedaluwarsanya. Namun, tak jarang toko roti tidak menuliskan tanggal kedaluwarsa pada bungkusnya, terutama roti buatan sendiri atau homemade. Kita dapat bertanya pada penjual roti tersebut tentang tanggal kedaluwarsa atau tanggal pembuatan roti. Jika sang penjual hanya memberitahukan tanggal pembuatan roti, perkirakan tanggal kedaluwarsanya 2-3 hari dari tanggal pembuatan. Pasalnya, roti biasanya tak tahan lama. Pilihlah roti yang segar atau masih baru matang.

2.Beli roti di toko roti terpercaya

Kemudahan dunia digital membuat maraknya roti di kalangan masyarakat. Orang-orang yang kreatif bisa membuat roti dan menjualnya. Pastikan untuk membeli roti di toko kue di Jakarta Barat seperti Barley Cake.

Pastikan bahan-bahan dalam pembuatan rotinya berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi. Misalnya, roti yang tidak mengandung banyak pemanis buatan, pewarna buatan, atau pengawet buatan. Selain itu, roti dengan kandungan serat tinggi (lebih dari 3 gram) baik untuk kesehatan. Roti ini mengenyangkan dan membantu melancarkan pencernaan. Roti gandum umumnya dikenal sebagai roti kaya serat.

3.Tekstur lembut dan tidak kering

Roti berkualitas baik teksturnya lembut dan tidak kering. Saat daging roti kering dan berpori-pori besar, pembuat roti hanya menambahkan sedikit telur dalam adonan roti.        

Barley Cake menawarkan berbagai pilihan roti seperti roti choco cheese banana, roti spicy tuna, roti kacang merah, dan masih banyak lagi. Kita dapat memilihnya sesuai selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *